Friday 21 February 2014

Tips dan Cara Hidup Sehat

Tuhan begitu sayang beserta umatnya, telah menciptakan penangkal penyakit dalam tubuh kita yang sering kita sebut sistem kekebalan tubuh. Namun karena pola hidup yang kita jalani yang tidak sehat sehingga sistem pertahanan tubuh tersebut rusak.

Tips Hidup Sehat seyogyanya menjadi kebutuhan. Akan percuma saja jikalau punya uang banyak, memiliki makanan enak dan punya segalanya kalau badan sakit-sakitan. Tentu kita tidak akan mampu untuk menikmatinya. Bahkan agama juga mengajarkan kita untuk cinta keindahan dan kebersihan, Hidup sehat dan menjaga agar tubuh tetap fit dan bugar adalah juga cermin dari rasa syukur kita atas kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT untuk kita.
Beberapa penyakit beserta segudang akibat pola hidup yang tidak sehat, sudah terpampang jelas dihadapan kita, tidakkah membuat kita sadar betapa pentingnya aset sehat itu. Kanker, penyakit pencernaan, bahkan kematian seharusnya membuat kita berhati-hati dalam menjaga pola kesehatan., berikut beberapa pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-saat:
1. Hidup dengan Menu Makanan yang Seimbang.
Makanan seimbang gabungan idealnya menghasilkan tenaga yang cukup, karbohidrat, protein, lemak, serat (fiber), bahan galian, asam lemak, dan vitamin. misalnya makan yang nantinya dapat menimbulkan penyakit yaitu makan mengandung gula atau koleseterol tinggi, dan juga makanan yang mengandung zat-zat kimia.
2. Cukup istirahat
Tubuh bagaimanapun tidak boleh diforsir bekerja, tubuh butuh istirahat yang cukup. Jika istirahat kurang lama kelamaan tubuh akan kelelahan dan berbagai penyakit akan muncul. Waktu istirahat yang utama adalah tidur pada malam hari. Lama tidur untuk orang dewasa antara 6-8 jam. Pada jam-jam kita tidur terjadi tahapan detoksifikasi atau mengeluaran racun-racun dalam tubuh, jika tidur kita kurang maka proses itu tidak akan sempurna.
3. Olahraga Teratur
Seiring melakukan aktifitas olahraga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit, menjaga berat badan, metabolisme menjadi lancar sehingga penyerapan nutrisi kedalam tubuh lebih sempurna yang membuat kita lebih bertenaga dan semangat menjalankan aktifitas lain.
4. Sering-sering Makan Buah dan Sayuran
Sayur-sayuran dan Buah mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kesehatan bisa terjaga, dan membuat tubuh tidak mudah diserang penyakit.
5. Minumlah Air Sebanyak 2 liter dalam 1 hari
Air mempunyai peranan penting dalam tubuh. Sekitar 60% dari berat adalah cairan (air). Dalam prosesnya cairan tersebut ada yang keluar melalui keringat dan urin, untuk menjaga volume cairan tubuh tetap normal maka kita harus minum yang cukup. Kekurangan cairan tubuh di sebut dehidrasi yang bisa menyebabkan gangguan kesadaran, pada tingkat lebih parah menyebabkan kehilangan kesadaran, koma bahkan bisa berakibat kematian.
Semoga ke depan kita menyadari pentingnya pola hidup sehat dan bukan hanya sekedar teori dan kata tak berguna, namun penerapan dalam kehidupan merupakan yang lebih utama.

No comments:

Post a Comment